Mobil matic semakin banyak peminatnya, terutama didaerah perkotaan yang seringkali terjadi kemacetan dijalan.

Mobil matic yang menggunakan transmisi otomatis untuk perpindahan gigi membuat nyaman pengemudinya, karena Pengemudi cukup menggunakan gas dan rem, tidak repot dengan kopling, gas, dan stik persneling.

Walaupun mengemudikan mobil matic lebih mudah daripada menggemudikan mobil manual, namun tidak sedikit orang masih ragu untuk mengemudikan mobil matic. Hal ini sebenarnya hanya karena masih banyak orang yang kurang paham cara kerja transmisi mobil tersebut.

Ketika sudah mencoba mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis ini, kebanyakan pengemudi akan merasakan betapa mudah dan nyamannya mengemudikan mobil tersebut.

Namun demikian ada baiknya pengemudi perlu memahami cara mengendarai mobil matic dengan aman dan benar, agar fungsi kendaraan bisa lebih optimal, lebih awet dan tentu saja aman untuk semua orang.

Bagaimana cara mengemudikan mobil matic dengan aman dan benar? Berikut hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengendarai mobil matic:

 


Persiapan Sebelum Mengendarai Mobil Matic

Kenali Fitur Yang Tersedia

Setiap  pembelian mobil baru pastilah dibekali dengan buku manual yang informatif dan mudah dipahami. Dengan membaca buku manual tersebut Anda bisa tahu fitur-fitur yang tersedia pada mobil tersebut. Dengan demikian Anda bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Beberapa fitur didesain untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan berkendara.

 

Pahami Posisi Dan Urutan Tuas Presneling Mobil Matic

Memahami posisi dan urutan tuas transimisi merupakan hal paling penting bagi pemula saat menggunakan mobil matic. Umumnya pada tuas transmisi mobil matic terdapat barisan kode huruf dan angka, yaitu P-R-N-D-M (+/-), P-R-N-D-2-L, atau P-R-N-D-3-2-1. Pelajarilah kode tersebut dengan seksama.

Kode 1, 2, 3, M (+/-) ataupun L mempunyai fungsi yang serupa. Kode transmisi ini digunakan untuk kondisi spesial seperti jalanan menanjak, turunan curam atau membutuhkan kecepatan akselerasi yang lebih dari biasa.

Pada mobil tertentu mesin tidak bisa dinyalakan ketika tuas presneling pada tidak pada posisi P, hal ini berfungsi sebagai pengaman mencegah agar mobil tidak melaju tiba-tiba ketika mesin dinyalakan.

Lebih detail bisa Anda baca juga :

Penggunaan Persneling Mobil Matic Sesuai Dengan Fungsi Agar Aman Dan Nyaman Berkendara


Cara Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

Setelah tahu fungsi fitur-fitur dan posisi tuas presneling, Anda bisa mulai menjalankan mobil. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda mulai menjalankan mobil matic untuk pertama kali atau bagi yang masih tergolong pemula.

 1. Pastikan Tuas Berada Dalam Posisi P atau Parkir

Pastikan tuas presneling berada di posisi yang benar P, atau bisa juga pada posisi N, sebelum menyalakan mesin mobil.  Jangan sampai posisi tuas berada di posisi D (Drive) yaitu posisi presneling untuk berjalan atau R (reverse) yaitu posisi presneling untuk mundur. Walaupun Mobil matic sendiri sebenarnya hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P, namun ada baiknya jika hal tersebut tepa diperhatikan.

2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Setelah memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin. Tunggu sampai indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic biasanya akan memberikan tanda dengan bunyi ketika indikator telah menyala dan kelistrikan sudah hidup. Setelah semua indikator sudah aktif, Anda sudah bisa menyalakan mesin mobil tersebut.

3. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Untuk beberapa mobil matic tertentu ketika distarter, mesin mobil tidak akan menyala jika pedal rem tidak ditekan/ diinjak.  Namun pada beberapa mobil matic, cara tersebut tidak diperlukan.

Setelah mesin sudah menyala, sebaiknya tetap menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas presneling yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi juas R atau D. Hal ini berguna untuk mencegah mobil berjalan sendiri secara tiba-tiba dan menghindari resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

Setelah Anda siap, angkat kaki dari pedal rem,  beralih ke pedal gas dan mulailah menjalankan mobil dengan hati-hati.


Tips Mengendarai Mobil Matic Yang Aman

Ada beberapa tips yang perlu diketahui agar Anda bisa mengemudi dengan aman dan nyaman.

Cara Menggunakan Presneling Mobil Matic

Hal ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena cara menggunakan presneling mobil matic  yang tidak benar, menimbulkan risiko kerusakan pada transmisi matic sangat mudah terjadi. Sedangkan biaya untuk perbaikannya akan jauh lebih mahal dibanding servis transmisi manual.

  • Saat berkendara melaju dengan kecepatan normal, sebaiknya Anda menggunakan D.
  • Pada saat sedang berhenti selama kurang 20 detik karena jalanan macet atau di lampu lalu lintas, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral yaitu N.
  • ketika akan mulai berjalan kembali pindahkan tuas transmisi ke posisi D dengan menginjak pedal rem terlebih dahulu, agar mobil tidak melaju sendiri secara tiba-tiba atau timbul sentakan.
  • Sebaiknya tuas transmisi berada di L atau 2 ketika tanjakan agar tarikan mobil lebih enteng. Begitu juga ketika berada di turunan yang agak curam untuk untuk mendapatkan teknik engine brake. Hal ini membantu mobil tidak meluncur berlebihan dan mengurangi penggunaan rem sehingga tidak menimbulkan kampas rem overheat.


Gunakan Hanya Kaki Kanan

Sebaiknya hanya menggunakan 1 kaki yaitu kaki kanan untuk menginjak pedal rem ataupun pedal gas.

Bagi orang yang terbiasa menggunakan mobil manual yang mempunyai pedal kopling, biasanya akan menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal kopling dan biasanya cenderung menginjak sedalam-dalamnya. Jika kaki kiri digunakan untuk menginjak rem terkadang secara reflek juga akan menginjak dalam-dalam, tentu berbeda dengan kaki kanan yang terbiasa menginjak rem seperlunya.

Selain itu jika kebiasaan menginjak rem menggunakan kaki kiri bersamaan dengan menginjak gas menggunakan kaki kanan untuk mengontrol laju kendaraan, akan mempercepat kerusakan pada gearbox dan kampas rem.

Menginjak gas bersamaan dengan menginjak rem ketika awal mobil bergerak untuk mengontrol kecepatan juga tidak diperlukan. Karena mobil akan bergerak berlahan  ketika tuas presneling dalam posisi D tanpa harus menginjak gas, sehingga Anda cukup menginjak pedal rem saja jika memang menginginkan mobil melaju pelan.

Sehingga akan lebih baik jika mengemudi mobil matic hanya menggunakan satu kaki untuk mengontrol gas dan rem secara bergantian.

 

Gunakan Tuas Presneling Yang Sesuai

Menginjak gas dalam secara mendadak pada posisi tuas presneling D untuk mendapatkan akselerasi cepat menimbulkan konsumsi bahan bakar berlebih. Penambahan gas pada posisi ini sebaiknya secara bertahap/ pelan-pelan. Lebih baik gunakan presneling 3 atau 2 jika memang membutuhkan akselerasi cepat.

Pada beberapa mobil matic terdapat indikator eco mode yang menunjukkan efisiensi dan efektivitas bahan bakar serta kinerja mesin.


Pengemudi pemula yang baru mengendarai mobil matik perlu penyesuaian terlebih dahulu, sebaiknya tidak langsung turun ke jalan raya, sebelum mengerti fungsi serta fitur yang tersedia dalam mobil tersebut dan tahu cara menyetir mobil matic dengan benar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama