Walaupun mengemudi mobil matic relatif lebih mudah dibanding mobil transmisi manual, namun mengerti cara mengendarai mobil matic yang benar diperlukan agar kecanggihan teknologi matic tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal. Pengemudi tidak hanya bisa menikmati kenyamanan mobil matic yang menggunakan transmisi otomatis untuk perpindahan gigi, dengan cara pengoperasian yang cukup mudah, serta tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya, tapi juga menjaga agar bahan bakar lebih irit dan mesin tidak cepat rusak.

Kemudahan sistem transmisi automatic yang boleh dikata tinggal injak pedal gas sudah jalan, tanpa repot menginjak pedal kopling untuk pergantian persneling, bukan tanpa resiko. Dalam beberapa kejadian kecelakaan yang melibatkan mobil matic juga disebabkan pengemudi yang tidak menguasai cara mengemudi mobil matic yang benar.

Cara Menggunakan Mobil Matic
Tidak berfungsinya teknologi canggih ini, juga beberapa kerusakan mesin, umumnya juga di sebabkan cara menyetir mobil matic yang tidak benar. Teknologi yang diterapkan pada mobil matic paling irit sekalipun tidak akan perfungsi dengan baik, bahkan cenderung lebih boros dari pada mobil manual, juga disebabkan hal tersebut.

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan, apalagi jika kondisi jalan macet, juga perlu untuk dikuasai, hal ini karena terkait dengan keselamatan dan keawetan mesin mobil. Penggunaan persneling mobil matic dan rem tangan (hand rem) perlu disesuaikan dengan kondisi jalan.

Sebenarnya cara mengemudi mobil matic atau manual tidak ada bedanya, bahkan relatif lebih mudah, cukup hanya dengan menginjak pedal gas, mengontrol setir dan tentu saja menginjak pedal rem jika diperlukan. Sedangkan ketika kondisi jalanan macet ataupun ditanjakan, adakalanya penggunaan rem tangan diperlukan.

Orang yang terbiasa mengendarai  mobil transmisi manual hanya butuh waktu penyesuaian sebentar untuk membiasakan diri mengendarai mobil matic.
Perbedaan yang jelas antara mobil matic dengan manual, yaitu tidak adanya pedal/ pijakan kopling yang biasanya digunakan setiap kali mau melakukan perpindahan gigi persneling pada mobil transimisi manual. Pada mobil matic atau transmisi otomatis tidak ada pijakan kopling tersebut, yang ada hanya pijakan rem dan gas.

Sa’at ini banyak mobil keluaran terbaru yang menggunakan teknologi matic, yang merupakan kependekan dari automatic, dengan berbagai fitur yang canggih. Namun pada prinsipnya cara mengendarai mobil matic berbagai merk kendaraan juga sama saja, baik mobil matic Agya, Ayla, Avanza, Fortuner, Grand Livina, Innova, Nissan Serena, Yaris ataupun merk lainnya.

Selain mencari referensi lewat internet, kursus stir mobil juga bagus untuk belajar Cara menggunakan mobil matic. Terjangkaunya biaya Kursus Stir Mobil cukup menarik minat para pemilik mobil keluaran terbaru untuk ikut kursus.

Mobil Toyota Terbaru Harga Dibawah 100 Juta ?!
Dengan ikut kursus tidak hanya mendapat teori cara mengendarai mobil matic secara benar, namun juga langsung latihan praktek di jalanan. Sehingga peserta kursus akan lebih cepat bisa dan secara mental lebih siap beradaptasi dalam situasi yang nyata dengan berbagai kondisi jalan serta prilaku pengemudi lain.  Dan tentu saja hasilnya akan lebih bagus dibanding belajar secara simulasi dengan game latihan stir mobil.

Terkadang ada tempat kursus mobil yang juga menyediakan jasa pengurusan surat ijin mengemudi (SIM). Dengan sistem paket kursus dan pembuatan sim, biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya kursus stir mobil dan pembuatan sim.

Cara mengemudi mobil yang benar, baik mobil matic atau manual bukan sekedar masalah teknis mengemudi saja, tapi juga masalah mental. Mengerti serta menaati aturan/ rambu lalu lintas, adab berkendara di jalan raya maupun kemampuan mengendalikan emosi juga membantu kelancaran dan keselamatan berkendara.

Kemudahan membeli mobil, baik karena rendahnya uang muka atau angsuran serta banyak diproduksinya mobil murah, seperti misalnya mobil Toyota terbaru harga dibawah 100 juta atau mobil bekas murah dibawah 30 juta, membuat masyarakat mudah untuk memiliki mobil sendiri.


Kemampuan memiliki mobil sendiri tanpa diimbangi kemampuan mengemudi yang baik, bisa berakibat buruk. Seperti misalnya pengemudi mobil baru yang mengemudikan mobil seperti layaknya mengendarai motor yang luwes untuk menyalip di sela-sela kendaraan lain, tentu akan berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan raya.

Jadi seberapa pentingkah mengusai cara mengemudi mobil matic yang benar menurut Anda ?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama